دعاء إفتتاح

CONTOH-CONTOH DO’A IFTITAH
1. اَللَّهُمَّ بَاعِدْ بَيْنِيْ وَ بَيْنَ خَطَايَايَ كَمَا بَاعَدْتَ بَيْنَ الْمَشْرِقِ وَ الْمَغْرِبِ , اَللَّهُمَّ نَقِّنِيْ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ , اَللَّهُمَّ اغْسِلْ خَطَايَايَ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَ الْبَرَدِ
Ya Allah jauhkanlah antara diriku dan kesalahan-kesalahanku sebagaimana Engkau telah jauhkan antara timur dan barat, ya Allah bersihkanlah diriku dari kesalahan-kesalahan sebagaimana telah dibersihkan baju putih dari kotoran, ya Allah, cucikan-lah kesalahan-kesalahanku dengan air, salju dan embun. (Diriwayatkan oleh Imam Bukhari)
2. اَللَّهُمَّ بَاعِدْ بَيْنِيْ وَ بَيْنَ خَطَايَايَ كَمَا بَاعَدْتَ بَيْنَ الْمَشْرِقِ وَ الْمَغْرِبِ , اَللَّهُمَّ نَقِّنِيْ مِنْ خَطَايَايَ كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ , اَللَّهُمَّ اغْسِلْنِيْ مِنْ خَطَايَايَ بِالثَّلْجِ وَالْمَاءِ وَ الْبَرَدِ
Ya Allah jauhkanlah antara diriku dan kesalahan-kesalahanku sebagaimana Engkau telah jauhkan antara timur dan barat, ya Allah bersihkanlah diriku dari kesalahan-kesalahnku sebagaimana telah dibersihkan baju putih dari kotoran, ya Allah, cucikanlah diriku dari kesalahan-kesalahanku dengan salju, air dan embun. (Diriwayatkan oleh Imam Muslim(
3. اَللَّهُمَّ بَاعِدْ بَيْنِيْ وَ بَيْنَ خَطَايَايَ كَمَا بَاعَدْتَ بَيْنَ الْمَشْرِقِ وَ الْمَغْرِبِ , اَللَّهُمَّ نَقِّنِيْ مِنْ خَطَايَايَ كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ , اَللَّهُمَّ اغْسِلْنِيْ مِنْ خَطَايَايَ بِالْمَاءِ وَ الثَّلْجِ وَ الْبَرَدِ
Ya Allah jauhkanlah antara diriku dan kesalahan-kesalahanku sebagaimana Engkau telah jauhkan antara timur dan barat, ya Allah bersihkanlah diriku dari kesalahan-kesalahnku sebagaimana telah dibersihkan baju putih dari kotoran, ya Allah, cucikanlah diriku dari kesalahan-kesalahanku dengan air, salju, dan embun. (Diriwayatkan oleh Imam An Nasa’i)
4- وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِي فَطَرَ السَّمَوَاتِ وَ الْأَرْضَ حَنِيْفًا وَ مَا أَنَا مِنَ الْمُشْرِكِينَ ( إِنَّ صَلَاتِيْ وَ نُسُكِيْ وَ مَحْيَايَ وَ مَمَاتِيْ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ لاَ شَرِيكَ لَهُ وَبِذَلِكَ أُمِرْتُ وَ أَنَا أَوَّلُ الْمُسْلِمِينَ ) اَللَّهُمَّ أَنْتَ الْمَلِكُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ , أَنْتَ رَبِّيْ وَ أَنَا عَبْدُكَ ظَلَمْتُ نَفْسِيْ وَ اعْتَرَفْتُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ ذُنُوبِيْ جَمِيعًا لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلاَّ أَنْتَ وَاهْدِنِيْ لِأَحْسَنِ الْأَخْلاَقِ لاَ يَهْدِيْ لِأَحْسَنِهَا إِلاَّ أَنْتَ وَاصْرِفْ عَنِّيْ سَيِّئَهَا لاَ يَصْرِفُ سَيِّئَهَا إِلاَّ أَنْتَ لَبَّيْكَ وَ سَعْدَيْكَ وَ الْخَيْرُ كُلُّهُ فِي يَدَيْكَ وَ الشَّرُّ لَيْسَ إِلَيْكَ أَنَا بِكَ وَ إِلَيْكَ تَبَارَكْتَ وَ تَعَالَيْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَ أَتُوْبُ إِلَيْكَ
Aku hadapkan wajahku ke hadapan Dzat yang menciptakan langit dan bumi, dengan ketulusan hati dan menyerahkan diri dan aku bukanlah termasuk golongan orang-orang musyrik. Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidup dan matiku adalah milik Allah yang menguasai semesta alam. Tidak ada sekutu baginya, dan dengan itu aku diperintahkan.Dan aku adalah orang yang pertama menyerahkan diri kepada-Mu. Ya Allah, Engkau adalah Raja, tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau. Engkau adalah Rabbku, sedangkan aku adalah hamba-Mu. Aku telah menganiaya diriku dan mengakui segala dosaku, oleh karena itu ampunilah segala dosaku. Sesungguhnya tidak ada yang dapat mengampuni dosa-dosa itu kecuali Engkau. Bimbinglah aku kepada akhlak yang baik, karena tidak ada yang dapat membimbing kepada akhlak yang baik kecuali Engkau. Palingkanlah diriku dari akhlak yang buruk, sebab tidak ada yang dapat memalingkan dari dari akhlak yang buruk kecuali Engkau.Aku sambut panggilan-Mu dan aku berharap pertolongan-Mu. Dan kebaikan seluruhnya ada di kedua tangan-Mu, sedangkan kejelekan tidak akan kembali kepada-Mu. Aku berada dalam kekuasaan-Mu. Maha Berkah Engkau dan Maha Tinggi. Kepada Engkau aku mohon ampunan dan kepada Engkau aku bertaubat. (HSR Muslim dan lainnya)
5- سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَ بِحَمْدِكَ وَ تَبَارَكَ اسْمُكَ وَ تَعَالَى جَدُّكَ وَ لاَ إِلَهَ غَيْرُكَ
Maha Suci Engkay ya Allah, dan dengan memuji-Mu dan Maha Berkah nama-Mu dan Maha Tnggi kebesaran-Mu dan tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau. (HR Abu Dawud dan lainnya)
6- اَللهُ أَكْبَرُ كَبِيرًا وَ الْحَمْدُ لِلَّهِ كَثِيرًا وَ سُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَ أَصِيلاً
Allah Maha Besar, dengan ke-saran-Nya yang sempurna dan segala puji milik Allah sebanyak-banyaknya dan Maha Suci Allah pada tiap-tiap pagi dan petang. (HSR Muslim)
7- الْحَمْدُ لِلَّهِ حَمْدًا كَثِيرًا طَيِّبًا مُبَارَكًا فِيهِ ( مسلم )
Segala puji milik Allah, dengan pujian yang banyak, lagi penuh dengan kebaikan juga diberkahi atas segala keadaan. (HSR Muslim)

Do’a-do’a yang diriwayatkan dari Rasulullah saw
sebagai berikut :
1- اَللَّهُمَّ أَعِنِّي عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ
Ya Allah, tolonglah aku untuk selalu mengingat-Mu, selalu mensyukuri-Mu dan memperba-gus ibadat kepada-Mu.(HR Ahmad, Abu Dawud dll)
2- أَللَّهُـمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ الْهُدَى وَ التُّقَى وَ الْعَفَافَ وَ الْغِنَى
Ya Allah aku mohon kepada-Mu petunjuk, ketakwaan, terpelihara dari yang haram dan kekayaan (terutama kekayaan jiwa). (HSR Muslim, Tirmidzi dan Ibnu Majah)
3- اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْكُفْرِ وَ الْفَقْرِ وَ عَذَابِ الْقَبْرِ
Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kufur, fakir dan adzab kubur
4- اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْبُخْلِ وَ أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَأَعُوذُ بِكَ أَنْ أُرَدَّ إِلَى أَرْذَلِ الْعُمُرِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الدُّنْيَا وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ
Ya Allah, aku berlindung kepa-da-Mu dari sifat bakhil, dan aku berlindung kepada-Mu dari sifat penakut, dan aku berlindung kepada-Mu dari mencapai seburuk-buruk umur (umur yang sudah tua), dan aku berlindung kepada-Mu dari fitnah dunia dan dari adzab kubur. (HSR Bukhari dan Tirmidzi)
4_ رَبِّ قِنِيْ عَذَابَكَ يَوْمَ تَـبْعَثُ عِبَادَكَ
Wahai Tuhanku, jagalah diri-ku dari adzab-Mu pada hari yang Engkau bangkitkan hamba-hamba-Mu. (HSR Muslim)
5- اَللَّهُمَّ اجْعَلْ خَيْرَ عُمْرِيْ آخِرَهُ وَ خَيْرَ عَمَلِيْ خَوَاتِمَهُ وَ خَيْرَ أَيَّامِيْ يَوْمَ أَلْقَاكَ
Ya Allah, jadikanlah sebaik-baik umurku di akhirnya, dan sebaik-baik amalku di akhirnya dan sebaik-baik masaku di masa aku berjumpa dengan-Mu di hari kiamat. (HR Ibnu Sunni)
6- اَللَّهُمَّ أَصْلِحْ لِي دِينِي الَّذِي هُوَ عِصْمَةُ أَمْرِي وَأَصْلِحْ لِي دُنْيَايَ الَّتِي فِيهَا مَعَاشِي وَأَصْلِحْ لِي آخِرَتِي الَّتِي فِيهَا مَعَادِي وَاجْعَلِ الْحَيَاةَ زِيَادَةً لِي فِي كُلِّ خَيْرٍ وَاجْعَلِ الْمَوْتَ رَاحَةً لِي مِنْ كُلِّ شَرٍّ
Ya Allah, perbaikilah agamaku yang menjadi pemelihara urusanku, dan perbaikilah duniaku yang di dalamnya terletak penghidupanku, dan perbaikilah akhiratku yang di sana tempat kembaliku. Dan jadikanlah hidup ini tambahan kebaikan bagiku, dan jadikanlah kematianku, merupakan kebebasanku dari kejahatan.(HSR Muslim)
7- اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِيْ ذُنُوْبِيْ وَ خَطَايَايَ كُلَّهَا اللَّهُمَّ أَنْعِشْنِيْ وَ اجْبُرْنِيْ وَ اهْدِنِيْ ِلأَحْسَنِ الأَعْمَالِ وَ الأَخْلاَقِ إِنَّهُ لاَ يَهْدِيْ ِلأَحْسَنِهَا إِلاَّ أَنْتَ وَ اصْرِفْ عَنِّيْ سَيِّئَهَا إِنَّهُ لاَ يَصْرِفُ عَنِّيْ سَيِّئَهَا إِلاَّ أَنْتَ
Ya Allah, segala dosaku dan segala kesalahaku. Ya Allah, segarkanlah badanku dan tutupilah kekuranganku, dan berilah aku petunjuk kepada amal-amal dan akhlak yang baik. Sesungguhnya tidak ada yang dapat memberi petunjuk kepada amal dan akhlak yang baik kecuali Engkau. Dan palingkanlah aku dari seburuk-buruk amal dan akhlak, karena tidak ada yang dapat memalingkannya kecuali Engkau. (HR Ibnu Sunni)
8- اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِيْ وَ لِوَالِدَيَّ وَ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِيْ صَغِيْرًا
Ya Allah, ampunilah aku dan kedua orang tuaku serta rahmatilah keduanya sebagaimana keduanya telah mendidikku pada waktu kecil dahulu.
9- رَبَّنَا آتِنَا فِيْ الدُّنْيَا حَسَنَةً وَ فِيْ اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَ قِنَا عَذَابَ النَّارِ
Wahai Tuhan kami berilah kami kebaikan di dunia dan di akhirat, dan jagalah kami dari adzab neraka.
* Boleh ditambah dengan do’a- do’a lain sekalipun dengan bahasa sendiri sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing.
رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ رَ تُبْ عَلَيْنَا إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ
Ya Allah, terimalah permohonan kami, sesungguhnya Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. Dan terimalah taubat kami , Sesungguhnya Engkau Maha Menerima Taubat lagi Maha Pengasih.
وَ صَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَ أَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ وَ سَلَّمَ تَسْلِيْمًا كَثِيْرًا سًبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ العِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَ سَلاَمٌ عَلَى الْمُرْسَلِيْنَ وَ الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ
Dan semoga Allah memberi rah-mat atas Nabi Muhammad, kepada keluarganya, para sahabat semua dan memberi keselamatan yang banyak. Maha Suci Tuhanmu, Tuhan kemuliaan dari apa yang mereka sifatkan, dan keselamatan atassemua Rasul-Rasu. Dan segala puji hanya milik Allah, Tuhan semesta alam.

Tag:

Tinggalkan komentar